4 Kunci Memilih Properti Rumah

4 Kunci Memilih Properti Rumah

Tempat tinggal yang strategis tentunya menjadi idaman setiap orang. Untuk itu, memilih properti rumah yang sesuai dengan kebutuhan anda menjadi hal yang tidak sepenuhnya mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selain lokasinya, seperti tempat publik di sekitarnya, posisi tanah, ketahanannya terhadap bencana seperti banjir dan gempa, juga unsur sosial yang akan memengaruhi kehidupan anda.

Kunci Pintar Memilih Properti Rumah

kunci pintar memilih properti rumah
Pintar Memilih Properti Rumah

Kemiringan

Jika anda memutuskan untuk membangun sebuah rumah, maka perhatikan kemiringan tanah di lokasi yang menurut anda cukup menarik. Kemiringan ini akan memberi efek yang sangat besar terhadap ongkos pengeluaran saat anda membuat rumah. Tanah yang miring akan menghabiskan ongkos yang jauh lebih mahal daripada membangun rumah di tanah yang datar.

Berbeda jika Anda menginginkan rumah dengan desain yang memiliki basement atau ruang bawah tanah. Tanah yang miring bisa dimanfaatkan untuk membangun ruangan ini. Tentunya, pengeluaran anda akan jauh lebih kecil karena Anda tidak perlu menggali tanah. Namun jika desainnya hanya rumah biasa, maka pengeluaran akan sangat besar untuk mengisi tanah dengan material pondasinya.

Sinar matahari

Memilih properti juga akan dihadapkan dengan penyesuaian arah, apakah rumah akan menghadap ke Utara, Selatan, Barat atau Timur. Anda akan memiliki dua pilihan, yakni rumah yang memiliki banyak waktu penyinaran matahari atau sebaliknya. Arah rumah akan menentukan seberapa banyak jendela yang dibutuhkan dan jenis jendela apa yang cocok untuk digunakan di rumah.

Jika rumah anda menghada ke Utara, sebaiknya anda memiliki jumlah jendela yang lebih banyak di sisi Timur untuk mendapat ancaran sinar matahari di pagi hari. Sebaliknya, anda perlu membuat jendela di sebelah Barat lebih banyak jika rumah menghada ke arah Selatan. Jika rumah menghadap Timur atau Barat, anda hanya butuh menyesuaikan jenis ruangan mana yang harus mendapat akses matahari lebih banyak.

Harga untuk Properti Rumah

Carilah properti yang harganya bisa anda jangkau. Tentunya, daerah pemukiman yang terletak di tengah kota akan memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada rumah di daerah urban atau penyangga kota. Harga tanah atau property juga akan menentukan luasan rumah anda. Semakin mahal harga property dengan budget yang terbatas, maka akan semakin kecil rumah yang dimiliki.

Harga property juga akan mempengaruhi pendapatan anda jika anda menggantungkannya dari sekitar tempat tinggal, seperti membuka toko atau membuat usaha jasa seperti laundry. Penentuan harga juga akan dipengaruhi oleh posisinya terhadap jalan utama. Semakin jauh terhadap jalan utama atau berada di pojok perumahan, maka harganya akan semakin murah.

Akses Publik Properti tersebut

Properti yang baik dan sehat untuk digunakan sebagai tempat tinggal adalah lokasinya yang memiliki kemudahan akses terhadap berbagai tempat publik. Anda tidak mungkin hanya menghabiskan waktu dengan berdiam diri di rumah, bukan? Akses ini juga banyak berpengaruh terhadap gaya hidup anda.

Jangkauan yang dekat dengan pusat perbelanjaan membuat kebutuhan anda menjadi lebih mudah terpenuhi tanpa harus berbelanja grosir dalam jumlah banyak setiap bulannya. Pertimbangan lainnya adalah apakah properti rumah anda bisa dijangkau oleh transportasi publik, sehingga anda tidak perlu memiliki kendaraan pribadi.

Sebelum membeli sebuah rumah, anda perlu melakukan perencanaan yang matang. Rumah minimalis tidak cocok digunakan untuk sebuah keluarga besar atau jumlah anak banyak. Tempat yang sepi juga tidak cocok bagi anda yang ingin membuka usaha sebagai pendapatan utama. Pikirkan pula apakan tempat yang anda pilih bisa berkembang atau bahkan menjadi daerah yang terpinggirkan.

2 thoughts on “4 Kunci Memilih Properti Rumah”

Leave a Comment