eventrumah.com – Rumah Gurita merupakan Salah satu rumah dengan desain yang unik terletak di kawasan Sukadamai nomor 6, Pasteur Bandung. Keunikannya adalah rumah yang besar ini memiliki sebuah patung gurita yang sangat besar di bagian atapnya, sehingga disebut sebagai rumah gurita. Dengan ukuran yang sangat besar, unik dan bernuansa klasik, rumah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang.

7 Fakta Rumah Gurita di Bandung

Patung Gurita

Ciri khas rumah ini adalah patung gurita di bagian atas rumah, seakan-akan bangunannya berada di dalam cengkeraman tentakelnya. Ukuran patung guritanya sangat besar sehingga menimbulkan kesan yang menyeramkan. Terlebih lagi, rumah yang dibangun sejak 1980-an ini memiliki patung gurita yang dicat dengan warna ungu kehitaman dan kepala bulatnya yang besar.

Patung Hewan

Tak hanya patung gurita, rumah ini juga memiliki beragam patung yang berukuran besar hingga kecil sebagai dekorasi ekstriornya. Di bagian belakang rumah ada sebuah kolam renang yang dikelilingi dengan berbagai patung seperti ular, singa, dan berbagai hewan laut lainnya. Nuansa kolam renang menjadi seperti sebuah laut yang berada di tengah hutan rimba.

Dekorasi klasik

Rumah yang dimiliki oleh Frans Alimawan ini memiliki dekorasi yang unik dan klasik. Di bagian lantai 1, rumah memiliki dekorasi dinding dengan nuansa alam seperti gambar pepohonan dan burung. Bangku di ruang tamu bernuansa vintage dengan aksen kayu yang netral. Terdapat juga sebuah meja dengan bebeapa hiasan seperti patung Bunda Maria, salib, lampu klasik dan frame foto.

Selain dekorasi yang klasik, di lantai pertama rumah juga diletakkan sebuah jam berdiri yang ukurannya sangat besar. Perabot yang satu ini menambah kesan klasik dari desain interior rumah. Di dekat jam, ada sebuah televisi berukuran besar. Di salah satu sudut dinding juga ada sebuah lukisan bergambar kuda hitam, lukisan kartu remi, dan juga foto dari sang pemilik rumah.

Anak tangga

Keunikan lainnya adalah anak tangga dari lantai 1 menuju lantai 2. Jumlah anak tangganya adalah 7 buah yang menandakan bahwa jumlah hari yang dilewati manusia adalah selama tujuh hari. Semakin ke atas, di dinding sisi tangga ada sebuah lukisan dinding bergambar api yang menurut pemiliknya adalah penggambaran bahwa semakin tumbuh, maka manusia semakin memiliki ambisi menggebu.

Skandal

Di tahun 2014, seseorang melaporkan bahwa rumah ini dijadikan tempat perkumpulan sebuah sekte sesat. Namun setelah dilakukan investigasi oleh pihak kepolisian, tidak ditemukan bukti yang kuat bahwa ada aktivitas sekte seperti yang banyak diberitakan. Bahkan menurut para tetangga, rumah ini hanyalah rumah biasa seperti pada umumnya.

Ruang makan

Rumah ini memiliki sebuah ruang makan yang cukup luas dan bernuansa hitam. Selain klasik, tampilannya menjadi jauh lebih minimalis. Tempat yang megah ini biasa digunakan untuk perjamuan berbagai tamu yang datang atau sedang berkumpul dengan teman-teman pemiliknya. Di sisi meja makan ada lukisan kartu King dan Queen yang menunjukkan bahwa manusia berasal dari Adam dan Hawa.

Film

Di tahun 2014, industri perfilman Indonesia mengangkat rumah ini sebagai salah satu film yang diberi judul Rumah Gurita. Film ini menceritakan seorang gadis yang pindah ke sebuah rumah watisan orang tuanya dan merasa ia tak sendirian di rumah itu. Tentunya, naskah film sangatlah berbeda dengan kondisi rumah aslinya.

Meskipun sempat ramai diperbincangkan hingga diangkat menjadi sebuah film, rumah yang sudah berdiri lebih dari 30 tahunan ini hanyalah rumah biasa. Karena desain interior dan eksteriornya yang unik, membuat banyak orang penasaran dengan rumah ini. Meski begitu, rumah ini tidak menerima kunjungan wisata bagi orang umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *