6 Ide Tata Ruang Rumah Sederhana

6 Ide Tata Ruang Rumah Sederhana

eventrumah.com – Maraknya gaya hidup yang minimalis membuat banyak orang kini tertarik dengan desain rumah sederhana. Selain ukurannya yang kecil, rumah juga identik dengan tidak memiliki beragam perabot yang membuatnya terkesan sempit. Jika ada menginginkan menata rumah berkonsep minimalis dan sederhana, ide di bawah ini mungkin saja bisa menjadi inspirasi mempercantik setiap sudut rumah.

6 Ide Ruangan di Rumah Sederhana

Ruang Tamu

Sebagai tempat menerima tamu yang datang, desain rumah tamu sebaiknya tidak terlalu ramai dengan berbagai hiasan atau dekorasi. Di ruangan ini, Anda hanya memerlukan beberapa perabot utama seperti sofa atau kursi, sebuah meja kopi, sebuah karpet, hiasan dinding yang sederhana, dan sebuah karpet yang nyaman. Agar tampak lebih manis, pilih warna cat dinding yang netral.

Sebuah rumah yang cukup sederhana biasanya memiliki ukuran ruang tamu yang tidak lebih dari 9 m2. Untuk itu, pemilihan ukuran perabotnya juga sangat penting. Hindari sofa yang berukuran besar, melainkan tempat duduk dengan ukuran sederhana dan lebih pendek. Sementara meja kopinya bisa menggunakan meja berkaki dengan ukuran penampang bulat atau persegi yang tak lebih dari 60 cm.

Ruang Keluarga

Ruangan yang cukup penting ini biasanya menjadi opsi di rumah dengan konsep mnimalis. Biasanya, ruangan ini dijadikan tempat berkumpul, bersantai atau menonton TV. Beberapa pemilik rumah yang sederhana akan menggabungkan ruangan ini dengan ruang tamu. Anda bisa menaruh sebuah TV layar datar di dinding sehingga tidak harus menaruh lemari kecil sebagai penopangnya di ruangan.

Ruang kamar

Ruang kamar bisa dibilang menjadi tempat di mana Anda sering menghabiskan waktu. Sebagai tempat untuk beristirahat, maka Anda perlu membuat kamar senyaman mungkin. Pilih cat dengan warna yang redup seperti abu-abu terang, coklat aksen kayu, krem, atau warna pastel. Cat dinding yang dipadukan dengan penerangan akan memiliki peranan besar terhadap kualitas tidur anda.

Isi ruang kamar juga tidak perlu terlalu ramai dengan perabot atau dekorasi. Hindari meletakkan sebuah televisi di dalamnya karena bisa engganggu waktu istirahat. Pilihlah ukuran ranjang tidur yang sesuai dengan luasan kamar, sebuah lemari dengan desain yang tinggi, meja untuk berias, dan sebuah rak serbaguna untuk menyimpan barang pribadi anda.

Dapur

Anda bisa memaksimalkan ruang yang sempit, namun tetap nyaman untuk beraktivitas di dapur. Optimasi ruang ini meengutamakan sebuah meja untuk meletakkan kompor dan wastafel untuk mencuci piring. Selebihnya, anda bisa menaruh berbagai bahan makanan kering di sebuah lemari yang menggantung di dinding sehingga bisa menghemat ruang.

Dapur juga sering bersatu dengan ruang makan, jika anda memiliki ruang yang lebih luas daripada hanya sekedar memasak. Pilihlah set meja makan dengan ukuran meja yang kecil dan kursi yang tak lebih dari 4 buah. Untuk mempercantik ruangan dapur, anda bisa menaruh dekorasi dinding bertema makanan dan peralatan memasak yang memiliki corak yang sama.

Kamar mandi

Sebuah rumah sederhana umumnya tidak memiliki kamar mandi yang berukuran lebih dari 4 m2. Anda perlu membuat ruangan ini cukup untuk menaruh sebuah penampung air dan juga sebuah water closet. Untuk penampung air, anda bisa memilih bak yang mudah dipindahkan atau digantung saat tidak digunakan.

Selain perabotan yang minimalis, anda juga perlu mampu mengatur posisi perabot sehingga rumah terlihat indah. Rumah yang rapi, berdesain minimalis dan tidak terkesan sempit mmebuat seluruh pnghuni maupun orang yang datang akan merasa nyaman. Jadikan rumah anda menjadi tempat ternyaman setelah anda beraktivitas seharian.

Leave a Comment